Sabtu, 08 Februari 2014

SILATURRAHMI LPPOM MUI PROVINSI KALTIM DENGAN BUPATI PENAJAM PASER UTARA


Direktur LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Timur drh. H. Sumarsongko, MM melakukan kunjungan silaturrahmi kepada Bupati Penajam Paser Utara Drs. H. Yusran Aspar, MSi di kediamannya pada tanggal 3 Februari 2014 dengan didampingi oleh Kepala Bidang Audit dan SJH Sulistyo Prabowo, Ketua Umum MUI PPU H.M. Rifai Remba, Lc., MIS.  dan beberapa pengurus MUI PPU lainnya. Dalam kesempatan tersebut selain untuk memperkenalkan keberadaan lembaga juga disampaikan berbagai issue terkini dan bidang kerja yang ditangani oleh LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Timur.
Sumarsongko menyatakan bahwa sertifiksi halal sekarang tidak lagi semata-mata domain agama, namun sudah menjadi domain ekonomi secara luas. Berbagai isu yang berkaitan dengan halal hampir selalu menjadi isu sensitif yang dapat menganggu stabilitas ekonomi. Betapa banyak usaha yang tutup karena tidak memperhatikan kepercayaan dan nilai-nilai agama yang diyakini mayoritas masyarakat Indonesia. “Sertifikat halal merupakan upaya MUI untuk memberikan kepastian hukum syar’i akan barang gunaan yang akan dikonsumsi ummat Islam, sehingga tidak ada lagi rasa khawatir untuk membeli makanan, minuman dan obat-obatan.”
 Namun kendala yang dihadapi MUI dalam pelaksanaan sertifikasi halal saat ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat produsen tentang sertifikasi halal, karena sampai sekarang ini pengurusan serifikasi halal dianggap berbelit-belit dan terlalau mahal. Padahal dalam kenyataannya lebih dari 80 persen UKM telah mendapat bantuan dari dana APBD maupun APBN melalui institusi pemerintah terkait sehingga UKM tersebut mendapatkan sertifikasi halal secara gratis.

Dengan suasana obrolan yang akrab, Bupati PPU memberikan berbagai pandangan dan pengalamannya seputar pembahasan RUU Jaminan Produk Halal di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Patut dibanggakan bahwa beberapa hal yang penting dalam RUU JPH tersebut merupakan masukan dan pemikiran yang jeli dari beliau sebagai anggota DPR RI asal Kalimantan Timur. Komitmen Pemerintah Kabupaten PPU dalam menegakkan nilai-nilai keagamaan juga diwujudkan dengan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten PPU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar